Oleh : Ust. Dzulqarnain Makassar
Pertanyaan:
Berkembangnya dakwah Salafiyyah di kalangan masyarakat dengan pembinaan
yang mengarah kepada perbaikan ummat di bawah tuntunan Rasulullah
shallallahu 'alahi wa alihi wa sallam adalah suatu hal yang sangat
disyukuri. Akan tetapi di sisi lain, orang-orang menyimpan dalam benak
mereka persepsi yang berbeda-beda tentang pengertian Salafiyah itu
sendiri sehingga bisa menimbulkan kebingunan bagi orang-orang yang
mengamatinya, maka untuk itu dibutuhkan penjelasan yang jelas tentang
hakikat Salafiyah itu. Mohon keterangannya!
Jawab:
Salafiyah adalah salah satu penamaan lain dari Ahlussunnah Wal Jama'ah yang menunjukkan ciri dan kriteria mereka.
Salafiyah adalah pensifatan yang diambil dari kata سَلَفٌ (Salaf) yang
berarti mengikuti jejak, manhaj dan jalan Salaf. Dikenal juga dengan
nama سَلَفِيُّوْنَ (Salafiyyun). Yaitu bentuk jamak dari kata Salafy
yang berarti orang yang mengikuti Salaf. Dan juga kadang kita dengar
penyebutan para 'ulama Salaf dengan nama As-Salaf Ash-Sholeh (pendahulu
yang sholeh).
Dari keterangan di atas secara global sudah bisa dipahami apa yang
dimaksud dengan Salafiyah. Tapi kami akan menjelaskan tentang makna
Salaf menurut para 'ulama dengan harapan bisa mengikis
anggapan/penafsiran bahwa dakwah Salafiyah adalah suatu organisasi,
kelompok, aliran baru dan sangkaan-sangkaan lain yang salah dan menodai
kesucian dakwah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu 'alahi wa alihi
wa sallam ini.
Kata Salaf ini mempunyai dua definisi; dari sisi bahasa dan dari sisi istilah.
Definisi Salaf secara bahasa
Berkata Ibnu Manzhur dalam Lisanul 'Arab: "Dan As-Salaf juga adalah
orang-orang yang mendahului kamu dari ayah-ayahmu dan kerabatmu yang
mereka itu di atas kamu dari sisi umur dan keutamaan karena itulah
generasi pertama dikalangan tabi'in mereka dinamakan As-Salaf
Ash-Sholeh."
Berkata Al-Manawi dalam At-Ta'arif jilid 2 hal.412: "As-Salaf bermakna
At-Taqoddum (yang terdahulu). Jamak dari salaf adalah أََسْلاَفٌ
(aslaf)."
Masih banyak rujukan lain tentang makna salaf dari sisi bahasa yang ini
dapat dilihat dalam Mauqif Ibnu Taimiyyah minal 'asya'irah jilid 1
hal.21.
Jadi arti Salaf secara bahasa adalah yang terdahulu, yang awal dan yang
pertama. Mereka dinamakan Salaf karena mereka adalah generasi pertama
dari ummat Islam.
Definisi Salaf secara Istilah
Istilah Salaf dikalangan para 'ulama mempunyai dua makna; secara khusus dan secara umum.
Pertama:
Makna Salaf secara khusus adalah generasi permulaan ummat Islam dari
kalangan para shahabat, Tabi'in (murid-murid para Shahabat), Tabi'ut
Tabi'in (murid-murid para Tabi'in) dalam tiga masa yang mendapatkan
kemulian dan keutamaan dalam hadits mutawatir yang diriwayatkan oleh
Imam Bukhary, Muslim dan lain-lainnya dimana Rasulullah shallallahu
'alahi wa alihi wa sallam menyatakan:
خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِيْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ
"Sebaik-baik manusia adalah generasiku kemudian generasi setelahnya kemudian generasi setelahnya."
Makna khusus inilah yang diinginkan oleh banyak 'ulama ketika
menggunakan kalimat Salaf dan saya akan menyebutkan beberapa contoh dari
perkataan para 'ulama yang mendefinisikan Salaf dengan makna khusus ini
atau yang menggunakan istilah Salaf dan mereka inginkan dengannya makna
Salaf secara khusus.
Berkata Al-Bajury dalam Syarah Jauharut Tauhid hal.111: "Yang dimaksud
dengan salaf adalah orang-orang yang terdahulu dari para Nabi dan para
shahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka".
Berkata Al-Qolasyany dalam Tahrirul Maqolah Syarah Ar-Risalah: "As-Salaf
Ash-Sholeh yaitu generasi pertama yang mapan di atas ilmu, yang
mengikuti petunjuk Nabi shollahu 'alahi wa alihi wa sallam lagi menjaga
sunnah-sunnah beliau. Allah memilih mereka untuk bersahabat dengan
Nabi-Nya dan memilih mereka untuk menegakkan agama-Nya dan mereka itulah
yang diridhoi oleh para Imam ummat (Islam) dan mereka berjihad di jalan
Allah dengan sebenar-benar jihad dan mereka mencurahkan (seluruh
kemampuan mereka) dalam menasehati ummat dan memberi manfaat kepada
mereka dan mereka menyerahkan diri-diri mereka dalam menggapai keridhoan
Allah".
Dan berkata Al-Ghazaly memberikan pengertian terhadap kata As-Salaf
dalam Iljamul 'Awwam 'An 'ilmil Kalam hal.62: "Yang saya maksudkan
dengan salaf adalah madzhabnya para shahabat dan Tabi'in".
Lihat Limadza Ikhtartu Al-Manhaj As-Salafy hal.31 dan Bashoir Dzawisy Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf hal.18-19.
Berkata Abul Hasan Al-Asy'ary dalam Kitab Al-Ibanah Min Ushul Ahlid
Diyanah hal.21: "Dan (diantara yang) kami yakini sebagai agama adalah
mencintai para 'ulama salaf yang mereka itu telah dipilih oleh Allah
'Azza Wa Jalla untuk bershahabat dengan Nabi-Nya dan kami memuji mereka
sebagaimana Allah memuji mereka dan kami memberikan loyalitas kepada
mereka seluruhnya".
Berkata Ath-Thahawy dalam Al-'Aqidah Ath-Thohawiyah: "Dan ulama salaf
dari generasi yang terdahulu dan generasi yang setelah mereka dari
kalangan Tabi'in (mereka adalah) Ahlul Khair (ahli kebaikan) dan Ahli
Atsar (hadits) dan ahli fiqh dan telaah (peneliti), tidaklah mereka
disebut melainkan dengan kebaikan dan siapa yang menyebut mereka dengan
kejelekan maka dia berada di atas selain jalan (yang benar)".
Dan Al-Lalika'i dalam Syarah Ushul I'tiqod Ahlis Sunnah Wal Jama'ah
jilid 2 hal.334 ketika beliau membantah orang yang mengatakan bahwa
Al-Qura dialah yang berada di langit, beliau berkata: "Maka dia telah
menyelisihi Allah dan Rasul-Nya dan menolak mukjizat Nabi-Nya dan
menyelisihi para salaf dari kalangan Shahabat dan tabi'in dan
orang-orang setelahnya dari para 'ulama ummat ini".
Berkata Al-Baihaqy dalam Syu'abul Iman jilid 2 hal.251 tatkala beliau
menyebutkan pembagian ilmu, beliau menyebutkan diantaranya: "Dan
mengenal perkataan-perkataan para salaf dari kalangan shahabat, Tabi'in
dan orang-orang setelah mereka".
Dan berkata Asy-Syihristany dalam Al-Milal Wa An-Nihal jilid 1 hal.200:
"Kemudian mengetahui letak-letak ijma' (kesepakatan) shahabat, Tabi'in
dan Tabi'ut Tabi'in dari Salafus Sholeh sehingga ijtihadnya tidak
menyelisihi ijma' (mereka)".
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Bayan Talbis Al-Jahmiyah
jilid 1 hal.22: "Maka tidak ada keraguan bahwasanya kitab-kitab yang
terdapat di tangan-tangan manusia menjadi saksi bahwasanya seluruh salaf
dari tiga generasi pertama mereka menyelesihinya".
Dan berkata Al-Mubarakfury dalam Tuhfah Al-Ahwadzy jilid 9 hal.165:
"...Dan ini adalah madzhab Salafus Sholeh dari kalangan shahabat dan
Tabi'in dan selain mereka dari para 'ulama -mudah-mudahan Allah meridhoi
mereka seluruhnya-".
Dan hal yang sama dinyatakan oleh Al-'Azhim Abady dalam 'Aunul Ma'bud jilid 13 hal.7.
Kedua:
Makna salaf secara umum adalah tiga generasi terbaik dan orang-orang
setelah tiga generasi terbaik ini, sehingga mencakup setiap orang yang
berjalan di atas jalan dan manhaj generasi terbaik ini.
Dan berkata Al-'Allamah Muhammad As-Safariny Al-Hambaly dalam Lawami'
Al-Anwar Al-Bahiyyah Wa Sawathi' Al-Asrar Al-Atsariyyah jilid 1 hal.20:
"Yang diinginkan dengan madzhab salaf yaitu apa-apa yang para shahabat
yang mulia -mudah-mudahan Allah meridhoi mereka- berada di atasnya dan
para Tabi'in yang mengikuti mereka dengan baik dan yang mengikuti mereka
dan para Imam agama yang dipersaksikan keimaman mereka dan dikenal
perannya yang sangat besar dalam agama dan manusia menerima
perkataan-perkataan mereka...".
Berkata Ibnu Abil 'Izzi dalam Syarah Al 'Aqidah Ath-Thohawiyah hal.196
tentang perkataan Ath-Thohawy bahwasanya Al-Qur'an diturunkan oleh Allah
Subhanahu Wa Ta'ala: "Yakni merupakan perkataan para shahabat dan yang
mengikuti mereka dengan baik dan mereka itu adalah Salafus Sholeh".
Dan berkata Asy-Syaikh Sholeh Al-Fauzan dalam Nazharat Wa Tu'uqqubat
'Ala Ma Fi Kitab As-Salafiyah hal.21: "Dan kata Salafiyah digunakan
terhadap jama'ah kaum mukminin yang mereka hidup di generasi pertama
dari generasi-generasi Islam yang mereka itu komitmen di atas Kitabullah
dan Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dari kalangan
shahabat Muhajirin dan Anshor dan yang mengikuti mereka dengan baik dan
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mensifati mereka dengan
sabdanya: "Sebaik-baik manusia adalah zamanku kemudian zaman setelahnya
kemudian zaman setelahnya...."
Dan beliau juga berkata dalam Al-Ajwibah Al-Mufidah 'An As'ilah
Al-Manahij Al-Jadidah hal.103-104: "As-Salafiyah adalah orang-orang yang
berjalan di atas Manhaj Salaf dari kalangan Shahabat dan tabi'in dan
generasi terbaik, yang mereka mengikutinya dalam hal aqidah, manhaj, dan
metode dakwah".
Dan berkata Syaikh Nashir bin 'Abdil Karim Al-'Aql dalam Mujmal Ushul
I'tiqod Ahlus Sunnah Wal Jama'ah hal.5: "As-Salaf, mereka adalah
generasi pertama ummat ini dari para shahabat, tabi'in dan imam-imam
yang berada di atas petunjuk dalam tiga generasi terbaik pertama. Dan
kalimat As-Salaf juga digunakan kepada setiap orang yang berada pada
setelah tiga generasi pertama ini yang meniti dan berjalan di atas
manhaj mereka".
Asal Penamaan Salaf Dan Penisbahan Diri Kepada Manhaj Salaf
Asal penamaan Salaf dan penisbahan diri kepada manhaj Salaf adalah sabda
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam kepada putrinya Fathimah
radihyallahu 'anha:
فَإِنَّهُ نِعْمَ السَّلَفُ أَنَا لَكِ
"Karena sesungguhnya sebaik-baik salaf bagi kamu adalah saya." Dikeluarkan oleh Bukhary no.5928 dan Muslim no.2450.
Maka jelaslah bahwa penamaaan salaf dan penisbahan diri kepada manhaj
Salaf adalah perkara yang mempunyai landasan (pondasi) yang sangat kuat
dan sesuatu yang telah lama dikenal tapi karena kebodohan dan jauhnya
kita dari tuntunan syari'at yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallam, maka muncullah anggapan bahwa manhaj salaf itu adalah
suatu aliran, ajaran, atau pemahaman baru, dan anggapan-anggapan
lainnya yang salah.
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu' Fatawa jilid 4 hal 149
: "Tidak ada celaan bagi orang yang menampakkan madzhab salaf dan
menisbahkan diri kepadanya dan merujuk kepadanya, bahkan wajib menerima
hal tersebut menurut kesepakatan (para ulama). Karena sesungguhnya
madzhab salaf itu adalah tak lain kecuali kebenaran".
Berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh untuk menunjukkan bahwa penggunaan nama salaf sudah lama dikenal.
Berkata Imam Az-Zuhry (wafat 125 H) tentang tulang belulang bangkai
seperti bangkai gajah dan lainnya: "Saya telah mendapati sekelompok dari
para ulama salaf mereka bersisir dengannya dan mengambil minyak
darinya, mereka menganggap (hal tersebut) tidak apa-apa." Lihat: Shohih
Bukhary bersama Fathul Bary jilid 1 hal.342.
Tentunya yang diinginkan dengan 'ulama salaf oleh Az-Zuhry adalah para
shahabat karena Az-Zuhry adalah seorang Tabi'i (generasi setelah
shahabat).
Dan Sa'ad bin Rasyid (wafat 213 H) berkata: "Adalah para salaf, lebih
menyenangi tunggangan jantan karena lebih cepat larinya dan lebih
berani". Lihat : Shohih Bukhary dengan Fathul Bary jilid 6 hal.66 dan
Al-Hafizh menafsirkan kata salaf: "Yaitu dari shahabat dan setelahnya".
Berkata Imam Bukhary (wafat 256 H) dalam Shohihnya dengan Fathul Bary
jilid 9 hal.552: "Bab bagaimana para 'ulama salaf berhemat di
rumah-rumah mereka dan di dalam perjalanan mereka dalam makanan, daging
dan lainnya."
Imam Ibnul Mubarak (wafat 181 H) berkata: "Tinggalkanlah hadits 'Amr bin
Tsabit karena ia mencerca para 'ulama salaf." Baca: Muqoddimah Shohih
Muslim jilid 1 hal.16.
Tentunya yang diinginkan dengan kata salaf oleh Imam Bukhary dan Ibnul Mubarak tiada lain kecuali para shahabat dan tabi'in.
Dan juga kalau kita membaca buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan
nasab, akan didapatkan para 'ulama yang menyebutkan tentang nisbah
Salafy (penisbahan diri kepada jalan para 'ulama salaf), dan ini lebih
memperjelas bahwa nisbah kepada manhaj salaf juga adalah sesuatu yang
sudah lama dikenal dikalangan para 'ulama.
Berkata As-Sam'any dalam Al-Ansab jilid 3 hal.273: "Salafy dengan
difathah (huruf sin-nya) adalah nisbah kepada As-Salaf dan mengikuti
madzhab mereka".
Dan berkata As-Suyuthy dalam Lubbul Lubab jilid 2 hal.22: "Salafy dengan
difathah (huruf sin dan lam-nya) adalah penyandaran diri kepada madzhab
As-Salaf."
Dan saya akan menyebutkan beberapa contoh para 'ulama yang dinisbahkan
kepada manhaj (jalan) para 'ulama salaf untuk menunjukkan bahwa mereka
berada diatas jalan yang lurus yang bersih dari noda penyimpangan:
1. Berkata Imam Adz-Dzahaby dalam Siyar A'lam An-Nubala' jilid 13
hal.183 setelah menyebutkan hikayat bahwa Ya'qub bin Sufyan Al-Fasawy
rahimahullah menghina 'Utsman bin 'Affan radhiyallahu 'anhu: "Kisah ini
terputus, Wallahu A'lam. Dan saya tidak mengetahui Ya'qub Al-Fasawy
kecuali beliau itu adalah seorang Salafy, dan beliau telah mengarang sebuah kitab kecil tentang As-Sunnah".
2. Dan dalam biografi 'Utsman bin Jarzad beliau berkata: "Untuk menjadi
seorang Muhaddits (ahli hadits) diperlukan lima perkara, kalau satu
perkara tidak terpenuhi maka itu adalah suatu kekurangan. Dia
memerlukan: Aqal yang baik, agama yang baik, dhobth (hafalan yang kuat),
kecerdikan dalam bidang hadits serta dikenal darinya sifat amanah".
Kemudian Adz-Dzahaby mengomentari perkataan tersebut, beliau berkata:
"Amanah merupakan bagian dari agama dan hafalan bisa masuk kepada
kecerdikan. Adapun yang dibutuhkan oleh seorang hafizh (penghafal
hadits) adalah: Dia harus seorang yang bertaqwa, pintar, ahli nahwu dan
bahasa, bersih hatinya, senantiasa bersemangat, seorang salafy,
cukup bagi dia menulis dengan tangannya sendiri 200 jilid buku hadits
dan memiliki 500 jilid buku yang dijadikan pegangan dan tidak putus
semangat dalam menuntut ilmu sampai dia meninggal dengan niat yang
ikhlas dan dengan sikap rendah diri. Kalau tidak memenuhi syarat-syarat
ini maka janganlah kamu berharap." Lihat dalam Siyar A'lam An-Nubala'
jilid 13 hal.280.
3. Dan Adz-Dzahaby berkata tentang Imam Ad-Daraquthny: "Beliau adalah
orang yang tidak akan pernah ikut serta mempelajari ilmu kalam (ilmu
mantik) dan tidak pula ilmu jidal (ilmu debat) dan beliau tidak pernah
mendalami ilmu tersebut, bahkan beliau adalah seorang salafy." Baca Siyar A'lam An-Nubala' jilid 16 hal.457.
4. Dan dalam Tadzkirah Al-Huffazh jilid 4 hal.1431 dalam biografi Ibnu
Ash-Sholah, berkata Imam Adz-Dzahaby: "Dan beliau adalah seorang Salafy yang baik aqidahnya." Dan lihat: Thobaqot Al-Huffazh jilid 2 hal.503 dan Siyar A'lam An-Nubala' jilid 23 hal.142.
5. Dalam biografi Imam Abul 'Abbas Ahmad bin 'Isa bin 'Abdullah bin
Ahmad bin Muhammad bin Qudamah Al-Maqdasy, Imam Adz-Dzahaby berkata:
"Beliau adalah seorang yang terpercaya, tsabt (kuat hafalannya), pandai,
seorang Salafy...." Baca Siyar A'lam An-Nubala' jilid 23 hal.18.
6. Dan dalam Biografi Abul Muzhoffar Ibnu Hubairah, Imam Adz-Dzahaby
berkata: "Dia adalah seorang yang mengetahui madzhab dan bahasa arab dan
ilmu 'arudh, seorang salafy, atsary." Baca Siyar A'lam An-Nubala' jilid 20 hal.426.
7. Berkata Imam Adz-Dzahaby dalam biografi Imam Az-Zabidy: "Dia adalah seorang Hanafy, Salafy." Baca Siyar A'lam An-Nubala' jilid 20 hal.316.
8. Dan dalam Biografi Musa bin Ibrahim Al-Ba'labakky, Imam Adz-Dzahaby
berkata: "Dan demikian pula beliau seorang perendah hati, seorang Salafy." Lihat: Mu'jamul Muhadditsin hal.283.
9. Dan dalam biografi Muhammad bin Muhammad Al-Bahrony, Imam Adz-Dzahaby
Berkata: "Dia seorang yang beragama, orang yang sangat baik, seorang Salafy." Lihat: Mu'jam Asy-Syuyukh jilid 2 hal.280 (dinukil dari Al-Ajwibah Al-Mufidah hal.18).
10. Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolany dalam Lisanul Mizan Jilid 5
hal.348 dalam biografi Muhammad bin Qasim bin Sufyan Abu Ishaq: "Dan Ia
adalah Seorang yang bermadzhab Salafy."
Penamaan-Penamaan Lain Ahlus Sunnah Wal Jama'ah
Sebelum terjadi fitnah bid'ah perpecahan dan perselisihan dalam ummat
ini, ummat Islam tidak dikenal kecuali dengan nama Islam dan kaum
muslimin, kemudian setelah terjadinya perpecahan dan munculnya
golongan-golongan sesat yang mana setiap golongan menyerukan dan
mempropagandakan bid'ah dan kesesatannya dengan menampilkan bid'ah dan
kesesatan mereka di atas nama Islam, maka tentunya hal tersebut akan
melahirkan kebingungan ditengah-tengah ummat. Akan tetapi Allah Maha
Bijaksana dan Maha Menjaga agama-Nya. Dialah Allah yang berfirman:
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar menjaganya." (Q.S. Al Hijr ayat 9).
Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa alihi wa sallam bersabda:
لاَ تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِيْ ظَاهِرِيْنَ عَلَى الْحَقِّ لاَ
يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللهِ وَهُمْ كَذَلِكَ
"Terus menerus ada sekelompok dari ummatku yang mereka tetap nampak di
atas kebenaran, tidak membahayakan mereka orang mencerca mereka sampai
datang ketentuan Allah (hari kiamat) dan mereka dalam keadaan seperti
itu."
Maka para 'ulama salaf waktu itu yang merupakan orang-orang yang berada
di atas kebenaran dan yang paling memahami aqidah yang benar dan
tuntunan syari'at Islam yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi
wa sallam yang murni yang belum ternodai oleh kotoran bid'ah dan
kesesatan, mulailah mereka menampakkan penamaan-penamaan syari'at
diambil dari Islam guna membedakan pengikut kebenaran dari
golongan-golongan sesat tersebut.
Berkata Imam Muhammad bin Sirin rahimahullah:
لَمْ يَكُوْنُوْا يَسْأَلُوْنَ عَنِ الْإِسْنَادِ فَلَمَّا وَقَعَتِ
الْفِتْنَةُ قَالُوْا سَمّوْا لَنَا رِجَالَكُمْ فَيُنْظَرُ إِلَى أَهْلِ
السُّنَّةِ فَيُؤْخَذُ حَدِيْثُهُمْ وَيُنْظَرُ إِلَى أَهْلِ الْبِدَعِ
فَلاَ يُؤْخَذُ حَدِيْثُهُمْ
"Tidaklah mereka (para 'ulama) bertanya tentang isnad (silsilah rawi).
Tatkala terjadi fitnah mereka pun berkata: "Sebutkanlah kepada kami
rawi-rawi kalian maka dilihatlah kepada Ahlus Sunnah lalu diambil hadits
mereka dan dilihat kepada Ahlil bid'ah dan tidak diambil hadits
mereka.""
Maka Ahlus Sunnah Wal Jama'ah selain dikenal sebagai Salafiyah, mereka
juga mempunyai penamaan lain yang menunjukkan ciri dan kriteria mereka.
Berikut ini kami akan mencoba menguraikan penamaan-penamaan tersebut dengan ringkas.
1. AL-FIRQOH AN-NAJIYAH
Al-Firqoh An-Najiyah artinya golongan yang selamat. Penamaan ini diambil
dari apa yang dipahami dari hadits perpecahan ummat, Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan:
افْتَرَقَتِ الْيَهُوْدُ عَلَى إِحْدَى وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً
وَافْتَرَقَتِ النَّصَارَى عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً وَإِنَّ
أُمَّتِيْ سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثَلاَثِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً كُلُّهَا فِي
النَّارِ إِلاَّ وَاحِدَةً وَهِيَ الْجَمَاعَةُ وَ فِيْ رِوَايَةٍ : مَا
أَنَا عَلَيْهِ الْيِوْمَ وَأَصْحَابِيْ.
"Telah terpecah orang–orang Yahudi menjadi tujuh puluh satu firqoh
(golongan) dan telah terpecah orang-orang Nashoro menjadi tujuh puluh
dua firqoh dan sesungguhnya ummatku akan terpecah menjadi tujuh puluh
tiga firqoh semuanya dalam neraka kecuali satu dan ia adalah Al-Jama'ah
dalam satu riwayat: "Apa yang aku dan para shahabatku berada di atasnya
sekarang ini." Hadits shohih, dishohihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam
Dzilalil Jannah dan Syaikh Muqbil dalam Ash-Shohih Al-Musnad Mimma Laisa
Fi Ash-Shohihain rahimahumullah.
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Minhaj As-sunnah jilid 3
hal.345: "Maka apabila sifat Al-Firqoh An-Najiyah mengikuti para
shahabat di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan itu adalah
syi'ar (ciri, simbol) Ahlus Sunnah maka Al-Firqoh An-Najiyah mereka
adalah Ahlus Sunnah".
Dan beliau juga menyatakan dalam Majmu' Al Fatawa jilid 3 hal.345:
"Karena itu beliau (Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam) menyifati
Al-Firqoh An-Najiyah bahwa ia adalah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah dan mereka
adalah jumhur yang paling banyak dan As-Sawad Al-A'zhom (kelompok yang
paling besar)".
Berkata Syaikh Hafizh Al-Hakamy: "Telah dikabarkan oleh Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam -yang selalu benar dan dibenarkan- bahwa
Al-Firqoh An-Najiyah mereka adalah siapa yang di atas seperti apa yang
beliau dan para shahabatnya berada di atasnya, dan sifat ini hanyalah
cocok bagi orang-orang yang membawa dan menjaga sifat itu, tunduk
kepadanya lagi berpegang teguh dengannya. mereka yang saya maksud ini
adalah para imam hadits dan para tokoh (pengikut) Sunnah." Lihat
Ma'arijul Qobul jilid 1 hal.19.
Maka nampaklah dari keterangan di atas asal penamaan Al-Firqoh
An-Najiyah dari hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa alihi wa
sallam.
Diringkas dari: Mauqif Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Min Ahli Ahwa'i Wal Bid'ah jillid 1 hal.54-59.
Dan Berkata Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wad'iy rahimahullah setelah
meyebutkan dua hadits tentang perpecahan ummat: "Dua hadits ini dan
hadits-hadits yang semakna dengannya menunjukkan bahwa tidak ada yang
selamat kecuali satu golongan dari tujuh puluh tiga golongan, dan adapun
golongan-golongan yang lain di Neraka, (sehingga) mengharuskan setiap
muslim mencari Al-Firqoh An-Najiyah sehingga teratur menjalaninya dan
mengambil agamanya darinya." Lihat Riyadhul Jannah Fir Roddi 'Ala
A'da'is Sunnah hal.22.
2. ATH-THOIFAH AL MANSHUROH
Ath-Thoifah Al-Manshuroh artinya kelompok yang mendapatkan pertolongan.
Penamaan ini berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wa
sallam:
لاَ تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِيْ ظَاهِرِيْنَ عَلَى الْحَقِّ لاَ
يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللهِ وَهُمْ كَذَلِكَ
"Terus menerus ada sekelompok dari ummatku yang mereka tetap nampak di
atas kebenaran, tidak membahayakan mereka orang mencerca mereka sampai
datang ketentuan Allah (hari kiamat) dan mereka dalam keadaan seperti
itu." Dikeluarkan oleh Muslim dari hadits Tsauban dan semakna dengannya
diriwayatkan oleh Bukhary dan Muslim dari hadits Mughiroh bin Syu'bah
dan Mu'awiyah dan diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir bin 'Abdillah. Dan
hadits ini merupakan hadits mutawatir sebagaimana yang dikatakan oleh
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Iqtidho' Ash-Shirath Al-Mustaqim
1/69, Imam As-Suyuthy dalam Al-Azhar Al-Mutanatsirah hal.216 dan dalam
Tadrib Ar-Rawi, Al Kattany dalam Nazhom Al-Mutanatsirah hal.93 dan
Az-Zabidy dalam Laqthul 'Ala'i hal.68-71. Lihat: Bashoir Dzawisy Syaraf
Bimarwiyati Manhaj As-Salaf.
Berkata Imam Bukhary tentang Ath-Thoifah Al-Manshuroh: "Mereka adalah para 'ulama".
Berkata Imam Ahmad: "Kalau mereka bukan Ahli Hadits saya tidak tahu siapa mereka."
Al-Qodhi Iyadh mengomentari perkataan Imam Ahmad dengan berkata: "Yang
diinginkan oleh (Imam Ahmad) adalah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah dan siapa
yang meyakini madzhab Ahlul Hadits." Lihat: Mauqif Ahlus Sunnah Wal
Jama'ah 1/59-62.
Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Muqoddimah Al 'Aqidah Al
Washitiyah: "Amma ba'du; Ini adalah i'tiqod (keyakinan) Al Firqoh
An-Najiyah, (Ath-Thoifah) Al-Manshuroh sampai bangkitnya hari kiamat,
(mereka) Ahlus Sunnah."
Dan di akhir Al 'Aqidah Al Washitiyah ketika memberikan definisi tentang
Ahlus Sunnah, beliau berkata: "Dan mereka adalah Ath-Thoifah
Al-Manshuroh yang Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda tentang
mereka: "Terus menerus sekelompok dari ummatku diatas kebenaran
manshuroh (tertolong) tidak membahayakan mereka orang yang menyelisihi
dan mencerca mereka sampai hari kiamat" mudah-mudahan Allah menjadikan
kita bagian dari mereka dan tidak memalingkan hati-hati kita setelah
mendapatkan petunjuk."
Lihat: Bashoir Dzawisy Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf hal. 97-110.
3. AHLUL HADITS
Ahlul Hadits dikenal juga dengan Ashhabul hadits atau Ashhabul Atsar.
Ahlul hadits artinya orang yang mengikuti hadits Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallam. Dan istilah Ahlul hadits ini juga merupakan salah
satu nama dan kriteria Salafiyah atau Ahlus Sunnah Wal Jama'ah atau
Ath-Thoifah Al-Manshurah.
Berkata Ibnul Jauzi: "Tidak ada keraguan bahwa Ahlun Naql Wal Atsar
(Ahlul Hadits) yang mengikuti jejak-jejak Rasulullah shallallahu 'alaihi
wa alihi wa sallam mereka di atas jalan yang belum terjadi bid'ah."
Berkata Al-Khathib Al-Baghdady dalam Ar-Rihlah Fii Tholabil Hadits
hal.223: "Dan sungguh (Allah) Rabbul 'alamin telah menjadikan
Ath-Thoifah Al-Manshurah sebagai penjaga agama dan telah dipalingkan
dari mereka makar orang-orang yang keras kepala karena mereka berpegang
teguh dengan syari'at (Islam) yang kokoh dan mereka mengikuti jejak para
shahabat dan tabi'in."
Dan telah sepakat perkataan para 'ulama Ahlus Sunnah Wal Jama'ah bahwa
yang dimaksud dengan Ath-Thoifah Al-Manshurah adalah para 'ulama Salaf
Ahlul Hadits. Hal ini ditafsirkan oleh banyak Imam seperti 'Abdullah bin
Mubarak, 'Ali bin Madiny, Ahmad bin Hambal, Bukhary, Al-Hakim dan
lain-lainnya. Perkataan-perkataan para 'ulama tersebut diuraikan dengan
panjang lebar oleh Syaikh Robi' bin Hady Al-Madkhaly dan juga Syaikh
Al-Albany dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah hadits no.270.
Lihat: Haqiqitul Bid'ah 1/269-272, Mauqif Ibnu Taymiyah 1/32-34, Ahlul
Hadits Wa Ath-Thoifah Al-Manshurah An-Najiyah, Limadza Ikhtartu
Al-Manhaj As-Salafy, Bashoir Dzawisy Syaraf Bimarwiyati Manhaj As-Salaf
dan Al-Intishor Li Ashhabil Hadits karya Muhammad 'Umar Ba Zamul.
4. AL GHURABA'
Al-Ghuraba' artinya orang-orang yang asing. Asal penyifatan ini adalah
sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadits Abu Hurairah
riwayat Muslim No.145:
بَدَأَ الْإِسْلاَمُ غَرِيْبًا وَسَيَعُوْدُ غَرِيْبًا كَمَا بَدَأَ فَطُوْبَى لِلْغُرَبَاءِ
"Islam mulai muncul dalam keadaan asing dan akan kembali asing
sebagaimana awal munculnya maka beruntunglah orang-orang asing itu". Dan
hadits ini adalah hadits yang mutawatir.
Berkata Imam Al-Ajurry dalam Sifatil Ghuraba' Minal Mu'minin hal.25:
"Dan perkataan (Nabi) shallallahu 'alaihi wa sallam "Dan akan kembali
asing" maknanya Wallahu A'lam sesungguhnya hawa nafsu yang menyesatkan
akan menjadi banyak sehingga banyak dari manusia tersesat karenanya dan
akan tetap ada Ahlul Haq yang berjalan diatas syari'at islam dalam
keadaan asing di mata manusia, tidakkah kalian mendengar perkataan Nabi
shallallahu 'alaihi wa sallam: "Akan terpecah ummatku menjadi 73
golongan semuanya masuk neraka kecuali satu, maka dikatakan siapa mereka
yang tertolong itu? Maka kata Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:
"Apa-apa yang saya dan para shahabatku berada di atasnya pada hari
ini.""
Berkata Imam Ibnu Rajab dalam Kasyful Kurbah fi washfi hali Ahlil
Ghurbah hal 22-27: "Adapun fitnah syubhat (kerancuan-kerancuan) dan
pengikut hawa nafsu yang menyesatkan sehingga hal tersebut menyebabkan
terpecahnya Ahlul Qiblah (kaum muslimin) dan menjadilah mereka
berkelompok-kelompok, sebagian dari mereka mengkafirkan yang lainnya dan
mereka menjadi saling bermusuhan, bergolong-golongan dan
berpartai-partai setelah mereka dulunya sebagai saudara dan hati-hati
mereka diatas hati satu orang (Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam)
sehingga tidak akan selamat dari kelompok-kelompok tersebut kecuali
satu golongan yang selamat. Mereka inilah yang disebut dalam sabda
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam: "Terus menerus ada diantara
ummatku satu kelompok yang menampakkan kebenaran, tidak mencelakakan
mereka orang-orang yang menghinakan dan membenci mereka sampai datang
ketetapan Allah subhanahu wa ta'ala (hari kiamat) dan mereka tetap dalam
keadaan tersebut." Mereka inilah al-Ghuraba' di akhir zaman yang
tersebut dalam hadits-hadits ini...."
Demikianlah penamaan-penamaan syari'at bagi pengikut Al-Qur'an dan
Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sesuai dengan pemahaman
para 'ulama salaf, yang apabila dipahami dengan baik akan menambah
keyakinan akan wajibnya mengikuti jalan para 'ulama salaf dan kebenaran
jalan mereka serta keberuntungan orang-orang yang mengikuti jalan
mereka.
Cukuplah sebagai satu keistimewaan yang para salafiyun berbangga
dengannya bahwa penamaan-penamaan ini semuanya dari Islam dan
menggambarkan Islam hakiki yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallam dan tentunya hal ini sangat membedakan salafiyun dari
ahlu bid'ah yang bernama atau dinamakan dengan penamaan-penamaan yang
hanya sekedar menampakkan bid'ah, pimpinan atau kelompok mereka seperti
Tablighy nisbah kepada Jama'ah Tabligh yang didirikan oleh Muhammad
Ilyas, Ikhwany nisbah kepada gerakan Ikhwanul Muslimin yang dipelopori
oleh Hasan Al-Banna, Surury nisbah kepada kelompok atau pemikiran
Muhammad Surur Zainal 'Abidin, Jahmy nisbah kepada Jahm bin Sofwan
pembawa bendera bid'ah keyakinan bahwa Al-Qur'an adalah makhluk.
Mu'tazily nisbah kepada kelompok pimpinan 'Atho' bin Washil yang
menyendiri dari halaqah Hasan Al-Bashry. Asy'ary nisbah kepada pemikiran
Abu Hasan Al-Asy'ary yang kemudian beliau bertobat dari pemikiran
sesatnya. Syi'iy nisbah kepada kelompok Syi'ah yang mengaku mencintai
keluarga Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, dan masih ada ratusan
penamaan lain, sangat meletihkan untuk menyebutkan dan menguraikan
seluruh penamaan tersebut.
Maka nampaklah dengan jelas bahwa penamaan Salafiyun-Ahlus Sunnah Wal
Jama'ah-Ath-Thoifah Al-Manshurah-Al-Firqoh An-Najiyah-Ahlul Hadits
adalah sangat berbeda dengan penamaan-penamaan yang dipakai oleh
golongan-golongan yang menyimpang dari beberapa sisi:
Satu: Penamaan-penamaan syari'at ini adalah nisbah
kepada generasi awal ummat Islam yang berada di atas tuntunan Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam, maka penamaan ini akan mencakup seluruh
ummat pada setiap zaman yang berjalan sesuai dengan jalan generasi awal
tersebut baik dalam mengambil ilmu atau dalam pemahaman atau dalam
berdakwah dan lain-lainnya.
Dua: Kandungan dari penamaan-penamaan syari'at ini
hanyalah menunjukkan tuntunan Islam yang murni yaitu Al-Qur'an dan
sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tanpa ada penambahan
atau pengurangan sedikit pun.
Tiga: Penamaan-penamaan ini mempunyai asal dalil dari sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
Empat: Penamaan-penamaan ini hanyalah muncul untuk
membedakan antara pengikut kebenaran dari jalan para pengekor hawa nafsu
dan golongan-golongan sesat, dan sebagai bantahan terhadap bid'ah dan
kesesatan mereka.
Lima: Ikatan wala' (loyalitas) dan baro' (kebencian,
permusuhan) bagi orang-orang yang bernama dengan penamaan ini, hanyalah
ikatan wala' dan baro' di atas Islam (Al-Qur'an dan Sunnah) bukan ikatan
wala' dan baro' karena seorang tokoh, pemimpin, kelompok, organisasi
dan lain-lainnya.
Enam: Tidak ada fanatisme bagi orang-orang yang memakai
penamaan-penamaan ini kecuali kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa
sallam karena pemimpin dan panutan mereka hanyalah satu yaitu Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam, berbeda dengan orang-orang yang
menisbahkan dirinya ke penamaan-penamaan bid'ah fanatismenya untuk
golongan, kelompok/pemimpin.
Tujuh: Penamaan-penamaan ini sama sekali tidak akan
menjerumuskan ke dalam suatu bid'ah, maksiat maupun fanatisme kepada
seseorang atau kelompok dan lain-lainnya.
Lihat: Hukmul Intima' hal 31-37 dan Mauqif Ahlus Sunnah wal Jama'ah 1/46-47.
Wallahu Ta'ala A'lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar